Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Sablon Digital DTG?

Sablon digital DTG adalah teknik mencetak atau menyablon gambar yang di desain di komputer lalu ke media kain. Pada zaman dahulu, orang-orang menggunakan cara yang manual jika memindahkan tinta ke kain.

Dan pada akhirnya sekarang jaman sudah berkembang modern orang-orang tidak lagi menggunakan teknik manual. Dari berkembangnya teknik-teknik yang lebih modern bertujuan untuk memudahkan teknik digital printer yaitu agar memudahkan proses pemindahan tinta ke kaos.

Apa yang dimaksud dengan sablon digital DTG?

Sablon digital DTG adalah proses pemindahan warna yang hanya sekali dengan metode tinta langsung ke kain dengan melalui prosespre treatment, diakhiri dengan proses heat press. Hasil gambar dijamin lebih terang, halus dan tidak akan mudah luntur.

Contoh Kaos DTG

Di sisi lain, sablon digital DTG juga dikenal sebagai teknik menyablon yang bisa menyablon tanpa menggunakan alat bantu seperti film atauscreen. Hasil cetak sablon ini juga tetap tak kalah dengan milik cetak digital loh!

Perkembangan sablon jenis ini pun juga semakin pesat. Sablon digital DTG saat ini semakin dikenal banyak orang, semakin maju di pasaran masyarakat indonesia. Printer DTG mampu mencetak berbagai jenis permukaan kaos yang baik.

Perbedaan sablon DTG dengan sablon DTF

Sablon dtg dan sablon jenis sablon yang berbeda. Tetapi sablon DTG dan DTF mempunyai nama yang hampir sama. Teknik sablon yang mencetak gambar secara langsung pada kaos adalah teknik sablon digital DTG (Direct To Garment).

Sedangkan DTF metode cetaknya menggunakan bubuk lem atauadhesive powderyang sering disebut dengan bubuk lem sablon yang dapat membantu melekatkan gambar ke material kaos yang lalu diakhiri dengan dipresspada mesinpress.

Sablon DTG tidak memerlukan bubuk lem untuk merekatkan gambar. Kedua jenis sablon ini proses kerjanya berbeda. Beberapa waktu ini sablon digital DTG sudah banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia.

Sablon digital DTG dan DTF sebenarnya sudah banyak orang yang sudah menggunakan karena proses pembuatan kaos dilakukan yang bertujuan untuk memperindah dan mempercantik kaos tersebut. Selain itu, sebuah kaos biasanya dinilai bernilai tinggi jika memiliki tulisan dan gambar yang cukup menarik.

Kelebihan dan kekurangan sablon DTG dan sablon DTF

Kelebihan dan kekurangan sablon DTG dan sablon DTF

Setiap jenis sablon pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Supaya kalian bisa menentukan jenis sablon apa yang dibutuhkan, silahkan simak uraian berikut ini:

Kelebihan sablon dtg

  • Cocok untuk produksi satuan

Sablon DTG sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat sablon satuan karena tidak semua orang ingin mencetak sablon kaosnya secara massal. Tetapi, ada beberapa orang yang ini mencetak sablon gambar untuk koleksi pribadinya sendiri.

  • Hasil sablon akan lebih halus

Dengan menggunakan jenis sablon DTG hasil sablon akan lebih rapi hasil cetaknya dijamin lebih halus. Hasil sablon DTG akan lebih bagus dan bertekstur baik jika kamu gabungkan dengan bahancombed. Disarankan kaincombed24s atau 30s.

  • Proses pengerjaan cepat

Jenis sablon digital DTG ini memang mempunyai efektivitas proses pekerjaan yang begitu cepat. Sablon DTG digunakan untuk mencetak sablon satuan.

  • Dapat mencetak sablon full color

Sablon DTG tidak mempunyai batas warna dalam pengerjaannya sehingga warna yang dihasilkan bisa berkualitas bagus. Jenis sablon ini juga dapat mencetak desain gambar yang rumit dan 3 dimensi yang mempunyai warna cerah.

  • Tidak memerlukan transfer paper

Proses pengerjaan sablon DTG tidak membutuhkantransfer papersesuai dengan namanya yaituDirect To Garment,yang mana teknik ini bisa langsung dilakukan pada kaos.

Kekurangan sablon DTG

  • Bahan yang digunakan terbatas

Disarankan untuk menggunakan jenis bahan kaos dengan ketebalan 30s agar hasil cetak sablon menjadi sempurna. Karena jika menggunakan jenis bahan kaos yang lain, hasilnya akan terlihat kurang maksimal.

  • Harga sablon DTG mahal

Adalah hal yang wajar kalau harga sablon DTG cukup mahal karena memang hasil cetaknya tergolong memuaskan. Jika kalian ingin menggunakan sablon DTG, maka siapkanbudgetyang cukup lumayan besar.

  • Mesin DTG cepat rusak

Mesin DTG yang jika cara merawatnya tidak baik, maka akan menyebabkan mesin bermasalah atau cepat rusak. Setidaknya setiap hari, kalian harus mencetak 1 kaos karena mesin ini tidak bisa mencetak secara massal.

Kelebihan sablon DTF

  • Tidak mudah luntur

Sablon DTF pada kaos akan tidak mudah luntur saat dicuci. Tetapi, jika pemakaian kaos sudah cukup lama dan sering kali dicuci, maka pewarnaan kaos akan mulai memudar.

  • Proses pekerjaan sangat cepat dan bisa ditunggu

Mesin untuk teknik sablon ini bisa mencetak dengan jumlah satuan dalam pengerjaan terhitung sangat cepat dan bisa ditunggu.

  • Cocok untuk mencetak gambar ukuran kecil

Menggunakan sablon DTF ini untuk mencetak gambar ukuran kecil, bisa dilakukan dengan sangat baik.

  • Hasil sablon anti retak dan kuat

Keunggulan dari sablon DTF ini memiliki ketahanan yang baik. Jenis sablon DTF ini dikenal sebagai anti retak, kuat dan elastis.

  • Cocok di semua media

Kalian bisa mencetak gambar menggunakan jenis bahan apapun seperti bahanscuba, katun, polyester dan bahan lainnya.

Kekurangan sablon DTF

  • Bahan sablon cukup mahal sehingga kalian harus mempersiapkanbudgetmodal yang cukup besar.
  • Biaya produksi dipersiapkan karena proses sablon DTF membutuhkan biaya yang cukup besar.
  • Jenis sablon ini tidak bisa mendesain dengan model 3 dimensi dan hanya bisa digunakan untuk desain solid.

Semoga artikel dari Samafitro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Sobat Samafitro. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungicall centerkami di bawah ini.

PT Samafitro
Jl. Jemursari No. 313 Surabaya
CS/WA : 081216770283
Email: [email protected]
Jam buka: Senin – Jumat, 08.00-17.00

Scroll to Top