Tentang Sales Force Automation (SFA) Secara Detail

Sales Force Automation untuk Tenaga Penjualan

Jika ditinjau dari tenaga penjualan atau sales, Sales Force Automation memberikan banyak manfaat. SFA akan membantu sales force dalam melakukan tindak lanjut dan mendokumentasikan seluruh interaksi dengan mitra atau pelanggan dengan berbasis teknologi terkini, seperti Cloud.

Tim sales bisa melihat dokumentasi pekerjaan, promo Scheme, manajemen stok, dan memastikan tidak akan ada deals atau kunjungan harian yang terlewat.

Pentingnya SFA untuk Bisnis

Pada titik tertentu, basis data pelanggan yang luar biasa dan penjualan yang didorong oleh CRM akan membuat SFA menjadi alat yang sangat diperlukan untuk bisnis yang sedang berkembang.

Menurut survei IDC (International Data Corporation), Sales Force Automation telah menghasilkan:

  • 30% meningkatkan closing/ deals.
  • 14% menghemat waktu administrasi penjualan.
  • 18% mengurangi sales cycle.

Meski terkesan remeh, namun bayangkan ketika angka-angka ini diterapkan pada perusahaan yang meraup keuntungan milyaran atau triliun. Tentunya, produktivitas dan peningkatan keuntungan secara keseluruhan bisa sangat signifikan.

Mari kita lihat mengapa SFA diperlukan untuk bisnis era modern untuk memenangkan persaingan:

1. Efisiensi Jam Kerja

SFA dapat menghemat tenaga dan biaya tim penjualan, terutama dari segi waktu. Jika dulu butuh waktu berjam-jam untuk menyajikan data kontak pelanggan, mencatat laporan kunjungan harian, menjadwalkan kunjungan harian, canvassing, dll, kini semuanya disajikan secara real time melalui aplikasi smartphone.

Selain itu, jika semua tugas tersebut dilakukan secara manual, sudah pasti akan memakan waktu dan menguras tenaga personil penjualan. Sehingga, lebih rentan terjadi kesalahan dan data yang tidak konsisten.

Namun, dengan teknologi SFA berbasis cloud, setiap personil penjualan bisa mengupdate data kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika dalam perjalanan.

2. Memperkirakan Trend Penjualan

Estimasi trend penjualan adalah salah satu hal penting yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan SFA. Ini karena, data penjualan dapat tersimpan secara rapi dan terstruktur untuk dianalisa kapan saja.

Tim penjualan bisa lebih mudah membandingkan data penjualan di masa lalu dengan data penjualan saat ini. Hal tersebut bisa memberikan tim penjualan informasi berharga tentang trend atau peluang bisnis di masa mendatang.

Tak hanya itu, tim penjualan bisa bekerja sama dengan tim pemasaran untuk menganalisis pola penjualan dan membuat kampanye atau promosi scheme yang disesuaikan kebutuhan dan minat pelanggan.

3. Akses 24/7 Berbasis Cloud

SFA sebagai perangkat lunak berbasis Cloud memungkinkan aliran data tanpa batas antara semua cabang bisnis Anda, di mana saja dan kapan saja. Tim penjualan Anda tidak perlu berkomunikasi secara manual dengan tim manajemen inventaris di gudang hanya untuk mengetahui ketersediaan stok, atau bertanya tentang nominal bon untuk penagihan.

Semua orang bisa mengakses sendiri semua data yang mereka butuhkan. Kemudian, data yang diperlukan tersebut langsung bisa diakses melalui smartphone atau gadget masing-masing secara real time 24 × 7.

Apa saja Tugas yang Bisa Selesai Otomatis dengan SFA?

Seperti penjelasan sebelumnya, sales force automation bekerja mengotomatiskan tugas penjualan. Tugas-tugas tersebut seperti berikut:

– Menyeleksi Calon Pelanggan Potensial

Setiap bisnis pasti memiliki banyak calon pelanggan (prospek). Namun, tidak semua prospek yang datang potensial menjadi pelanggan.

Pekerjaan untuk menyeleksi prospek potensial memakan waktu dan ketelitian. Namun dengan aplikasi SFA, bisnis tidak perlu melakukannya lagi. Sebab aplikasi ini yang otomatis untuk memilahnya.Sales force automation akan memisahkan prospek potensial berdasarkan informasi seperti sumber prospek, aktivitas mereka dan lainnya.

– Monitoring Aktivitas Prospek

Setelah menyeleksi prospek potensial, aplikasi SFA juga berguna untuk memantau aktivitas mereka dalam sistem. Misalnya setelah tim sales Anda menindak lanjuti prospek tersebut, bagaimana respon mereka dan seterusnya.

Kemampuan tersebut tentu membuat Anda terhindar kehilanggan pelanggan. Salesman cukup melihat aktivitas prospek dari satu dasbor dan menentukan langkah berikutnya untuk menghasilkan penjualan.

Mengirimkan Pengingat

Keunggulan lain dari sales force automation adalah kemampuan mengirimkan notifikasi pengingat. Misalnya pengingat bagi salesman dan pelanggan untuk bertemu.

Caranya Anda cukup mengatur jadwal bertemu. Kemudian saat mendekati hari H, aplikasi SFA akan mengirimkan notifikasi pengingat baik untuk salesman dan pelanggan tersebut.

Selain itu, kemampuan ini juga bisa untuk mengirimkan blast mengenai laporan dari interaksi yang terjadi, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk tindakan tim sales atau tim marketing selanjutnya.

Demikianlah penjelasan singkat dari kami, mengenai Sales Force Automation. Silahkan hubungi tim sales / call center kami untuk jadwal kunjungan maupun zoom meeting.

PT Samafitro

Jl. Jemursari No. 313 Surabaya

CS/WA : 081216770283

Email: [email protected]

Jam buka: Senin – Jumat, 08.00-17.00

Scroll to Top