0 item in the bag

No products in the cart.

Bagian Mesin Fotocopy dan Apa Kegunaannya

Dalam membangun sebuah usaha fotokopi, penting untuk mengetahui kemungkinan gangguan yang dapat terjadi dalam menjalankannya. Salah satu bagian operasional yang seringkali mengalami masalah adalah adanya kerusakan pada mesin fotokopi.

Tentu saja lebih mudah untuk langsung menghubungi sales / service center mesin fotokopi tersebut untuk membeli suku cadang yang diperlukan. Tapi pada saat mereka menanyakan apa kerusakan yang terjadi dan berusaha memberikan solusinya dengan menyebutkan bagian yang perlu diganti, Anda akan dihadapkan dengan istilah teknis yang namanya terasa asing. Kenali nama bagian dari mesin fotokopi dibawah ini.

1. Automatic Document Feeder

Automatic Document Feeder / ADF terletak di bagian atas mesin fotokopi dan tergabung menjadi satu pada bagian penutup mesinnya. Kegunaan dari Automatic Document Feeder adalah sebagai mesin untuk menduplikasi dokumen dengan cara yang lebih praktis tanpa perlu membuka mesin bagian dalam. ADF akan memperbanyak dokumen menjadi beberapa kopian sesuai dengan kebutuhan.

2. Drum

Apa itu drum? Drum adalah bagian mesin fotokopi yang harganya lebih mahal dibandingkan bagian mesin fotokopi lainnya karena fungsinya yang paling penting. Untuk bisa mengetahui kualitas drum masih bagus atau tidak, kita bisa mengetahuinya dari hasil cetak pada kertas. Apakah tintanya masih jelas berwarna hitam atau sudah memudar. Jika drum masih berkualitas bagus maka hasil cetakannya akan berwarna hitam dengan jelas, namun bila tidak akan terdapat noda hitam yang berupa bintik – bintik.

3. Toner

Toner adalah tinta yang digunakan untuk mencetak kopian ke atas kertas, dan berfungsi seperti sebuah printer. Gunakan toner yang cocok dengan mesin fotokopi Anda dan sesuaikan dengan brand yang Anda pakai, jangan gunakan brand berbeda karena dapat merusak kinerja dan kualitas hasil cetak mesin fotokopi Anda.

4. Fixing/Pemanas

Fungsi dari pemanas atau heater adalah melakukan pressing hasil fotokopi agar hasil yang didapat tidak luntur. Berhati-hatilah dalam menanganinya karena ada korona bawah dan korona atas yang suhunya sangat panas dan dapat mencederai tangan Anda bila dipegang.

5. Korona Bawah

Fungsi dari bagian mesin fotokopi yang satu ini adalah sebagai pengatur jalannya kertas saat melewati drum yang terletak di area pemanas atau heater. Korona bawah sangat mempengaruhi kualitas dari mesin fotokopi sehingga jika mesin terlalu sering dipakai maka perlu lebih sering untuk dibersihkan bagian korona bawahnya.

6. Korona Atas

Korona atas sendiri berlokasi pada wilayah drum yang bertugas sebagai penyeimbang drum saat duplikasi atau pencetakan hasil dokumen tersebut dilakukan. Hampir sama seperti korona bawah, jika Anda sering menggunakan mesin fotocopy maka korona atas termasuk pada bagian bagian mesin fotocopy yang perlu pembersihan lebih sering.

7. CIS/Lampu Scanner/Scanner Unit

Lampu scanner/mesin pemindai berfungsi untuk memproyeksikan gambar atau dokumen yang akan diperbanyak. Proyeksi ini akan diterima oleh drum dan kemudian dicetak ulang pada kertas yang baru. Letak lampu scanner ini berada pada atas permukaan dan berbentuk sinar ultraviolet. Sinar ini berguna untuk memindahkan hasil proyeksi dokumen menjadi hasil baru yang berupa duplikasi.

Apabila ada dugaan malfungsi mesin fotokopi disebabkan salah satu bagian diatas, maka penting untuk segera mengganti atau berkonsultasi pada ahlinya. Samafitro-sby.com sebagai pusat penjualan dan persewaan mesin fotokopi telah menjadi mitra terpercaya untuk memenuhi segala kebutuhan mesin fotokopi Anda.

SURABAYA SEMARANG MAKASSAR BALI YOGYAKARTA